Forum Satu Data Banda Aceh Gelar Rapat Persiapan Evaluasi Penyelenggaran Statistik Sektoral 2024

Banda Aceh – Dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada instansi pemerintah daerah dan pembinaan statistik sektoral untuk OPD dilingkup Pemerintah Kota Banda Aceh, Forum Satu Data Banda Aceh melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banda Aceh menggelar Rapat evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral 2023 dan indetifikasi kegiatan sektoral di OPD, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Kepala Bappeda turut diikuti oleh Badan Pusat Statistik, perwakilan OPD diantaranya Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Diskominfotik, Dinas PUPR, Dinas Pangan dan Diskopukmdag.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Banda Aceh Rosdi, ST, M.Si mendiskusikan terkait dukungan penuh atas pelaksanaan Survei Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang akan dilaksanakan oleh BPS dalam waktu dekat ini.

Seperti yang disampaikan oleh anggota BPS yang berhadir saat rapat, bahwa adapun tujuan EPSS ini ialah untuk meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemko Banda Aceh, yang tahun lalu ditetapkan pada angka 1,83 dengan nilai C.

“Sehingga pertemuan ini penting untuk bisa meningkatkan nilai IPS menjadi nilai B (minimal 2,6), dan nantinya angka IPS itu digunakan untuk penilaian oleh Bappenas,” papar Rosdi.

Setelah berdiskusi panjang, Rosdi menugaskan Diskominfotik sebagai wali data untuk memilih dua OPD yang layak sebagai sampel survei EPSS.

“Penilaian IPS ini mencakup 5 kriteria dan 36 indikator. Jadi kita berharap sinergi dan kesiapan OPD untuk menyajikan data sektoral dengan sebaik-baiknya,” tutup Rosdi.(Hus/Hz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *