Sukseskan Pemilu, Pemko Banda Aceh Gelar Pasukan Satlinmas

Aceh28 Dilihat

• Serahkan 1.832 Personil ke Polresta

Banda Aceh – Pemko Banda Aceh menggelar apel gelar pasukan yang dirangkai dengan penyerahan personil Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) kepada Polresta Banda Aceh, Kamis (8/2/2024) di halaman Balai Kota.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin bertindak sebagai pembina apel, Kabag Tapem Muhammad Ridha sebagai koordinator apel dan Kasatpol PP M Rizal sebagai perwira apel.

Kegiatan ini turut dihadiri Forkopimda dan sejumlah pejabat jajaran Pemko. Selain Kapolresta, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli hadir juga Dandim 0101/KBA Letkol Czi Widya Wijanarko, Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kajari Irwansyah, Ketua MPU Damanhuri Basyir, Pj Sekdakota Wahyudi, Ketua Panwaslih Ely Safrida serta Ketua KIP Kota Banda Aceh Yusri Razali bersama para komisioner. Hadir juga para Muspika dan keuchik keuchik dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Forkopimda, KIP, Panwaslih dan semua pihak yang selama ini berperan serta dalam menyukseskan pemilu 2024.“Insya Allah, dengan kerjasama dan partisipasi kita semua, kita dapat menyukseskan Pelaksanaan pemilu 2024 secara serentak ini dan menjadikan Banda Aceh sebagai barometer kesuksesan dalam pelaksanaan pemilu,” kata Amiruddin.

Dalam kesempatan ini, Pj Wali Kota menyerahkan 1.832 personil Satlinmas kepada Polresta Banda Aceh yang ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Pj Wali Kota dan Kapolresta.

Kata Amiruddin, Satlinmas memiliki tanggung jawab besar dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban di barisan terdepan. Satlinmas pula menjadi penyelesaian gangguan keamanan yang paling diandalkan.“Sebab memiliki ikatan emosional yang dekat dengan masyarakat setempat. Bertugas di lingkungan tempat tinggalnya sendiri,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, 1.832 personil Satlinmas ini nantinya akan bertugas menyukseskan pemilu di tiap-tiap gampong (desa).

Sesuai data KIP, Pemilu 2024 di Banda Aceh akan diselenggarakan di 618 TPS yang tersebar di 90 gampong dalam sembilan kecamatan.

Pesta demokrasi di Banda Aceh kali ini melibatkan 169.146 pemilih, dimana 81.205 orang pemilih laki-laki dan 87.941 orang perempuan yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Apel gelar pasukan Satlinmas dalam rangka Pemilu serentak ini bertujuan untuk menjamin kesiapan seluruh anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas pengamanan di setiap TPS pada 14 Februari mendatang.

“Kita berharap apel ini dapat meningkatkan kapasitas, disiplin, dan semangat pelayanan Satlinmas di Banda Aceh serta merupakan wujud nyata kebersamaan dan komitmen untuk menjaga keamanan, ketertiban, serta memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat Kota Banda Aceh,” kata Amiruddin.

Tak lupa, dalam kesempatan ini Pj Wali Kota juga mengingatkan para penyelenggara pemilu untuk tetap menjaga netralitas.“Kita memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mengedepankan prinsip netralitas dalam setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil. Karenanya, Netralitas harus kita junjung tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai penyelenggara pemilu,” tutup Amiruddin.[]

Komentar