Ayu Marzuki Minta Para Guru TK Aisyiyah Bentuk Adab yang Baik Terhadap Murid

BANDA ACEH— Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh, Ayu Marzuki, meminta para guru Taman Kanak-kanak atau TK Aisyiyah dari seluruh Aceh untuk memperkuat pondasi agama terhadap muridnya. Nilai agama yang ditanamkan pada murid akan membentuk adab yang baik.

“Biasakan mencontohkan kata maaf bila salah, kata tolong saat meminta sesuatu dan kata terima kasih saat mendapatkan sesuatu, karena sikap tersebut merupakan perilaku dan adab yang baik,” kata Ayu Marzuki saat memberikan sambutan dalam acara rapat koordinasi bidang pendidikan Aisyiyah Aceh, di Aula Asrama Haji Banda Aceh, Jumat, (26/1/2024) malam.

Menurut Ayu, sikap minta maaf, tolong, dan berterima kasih terasa seperti hal kecil, namun akan sulit dilakukan anak-anak bila tidak dibiasakan dan diberi contoh oleh orangtua maupun gurunya.

“Terasa kecil, tapi begitu bermakna bagi yang menerimanya,” kata Ayu.

Selain pondasi agama, Ayu juga menyebutkan sejumlah kemampuan dasar lainnya yang perlu ditumbuhkan pada setiap anak sejak usia dini. Diantaranya adalah kemampuan sosial, kematangan emosi, kemampuan bahasa dan kemampuan kognitif.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Ayu mengaku tidak asing dengan organisasi Aisyiyah. Sebab keluarga besarnya sebagian besar juga pengurus oranganisasi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Ia berharap, organisasi Aisyiyah dapat terus berperan untuk ikut serta dalam membangun Aceh, terutama dalam bidang pendidikan. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *