Asisten III Hadiri Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mapolda Aceh

BANDA ACEH— Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh atau Asisten III, Iskandar, menghadiri apel gelar pasukan Operasi Lilin Seulawah dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan tahun baru 2024, di halaman Mapolda Aceh, Kamis (21/12/2023) pagi.

Apel tersebut dipimpin oleh Wakapolda Aceh, Kombes Pol Armia Fahmi.
Ia menyebutkan sebanyak 2.351 personil gabungan dari berbagai unsur dikerahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban momentum pelaksanaan Natal dan menyambut tahun baru di Aceh.

Armia mengatakan, operasi lilin Seulawah itu akan berlangsung dari tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Para personil tersebut terdiri dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan WH, Dinas Kesehatan, Basarnas, Damkar, ASDP, PMI, dan PLN.

Lebih lanjut, Wakapolda menyebutkan, pihaknya menyiapkan tiga jenis posko, yaitu, pos pengamanan sebanyak 26, pos pelayanan sebanyak 3 pos, dan 1 pos terpadu.

“Pos ini berada dari perbatasan dengan Sumatera Utara sampai dengan Banda Aceh,” kata Kapolda.

Lokasi pos tersebut berada di pelabuhan, gereja, bandara, tempat wisata dan tempat perbelanjaan.

Sementara itu, saat membacakan amanat Kapolri, Wakapolda juga menyebutkan bahwa pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

Sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan tahun baru ini rutinitas, tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meningkat dimana perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *