Sebanyak 9 Ribu Warga Kota Banda Aceh Sudah Aktivasi IKD

Banda Aceh- Sebanyak sembilan ribu warga Kota Banda Aceh telah melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh Dra. Emila Sovayana, M.Si di Kantornya, Rabu (13/12/2023).

“Sejak bulan Maret lalu kita mulai melakukan sosialisasi untuk aktivasi IKD sampai per bulan Desember ini sudah ada 9 ribu warga Kota Banda Aceh telah melakukan aktivasi IKD,” kata Emila.

Selama ini, kata Emila pihaknya telah melakukan berbagai macam upaya untuk memberikan pelayanan aktivasi IKD kepada warga Kota Banda Aceh seperti mendatangi langsung ke dinas-dinas di lingkungan Kota Banda Aceh, rumah sakit, puskesmas dan membuka konter di Kantor Disdukcapil serta MPP Kota Banda Aceh.

Emila mengatakan aplikasi IKD ini memberikan kemudahan bagi masyarakat karena identitas kependudukannya ada dalam genggamannya masing-masing.

“Kedepannya dengan adanya IKD ini warga tidak perlu memegang KTP fisik, cukup IKD saja sehingga apabila memerlukan pelayanan publik sangat mudah karena semua dokumen kependudukan tersedia di smartphone masing-masing,” kata Emila.

Oleh karena itu, Emila mengajak masyarakat yang sudah memiliki KTP untuk mengaktivasi IKD ke Kantor Disdukcapil Kota Banda Aceh atau ke MPP Kota Banda Aceh.

“Ayo warga kota datang ke Kantor Disdukcapil atau MPP Kota Banda Aceh untuk aktivasi IKD karena kedepan semua pelayanan akan disinkronkan dengan IKD ini,” ajaknya.(Rid/Hz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *