Reses di Gampong Kuta Alam, Warga Harap SDM dan Kesejahteraan Guru PAUD Ditingkatkan

Aceh57 Dilihat

Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar melaksanakan Reses III Masa Persidangan I Tahun 2023-2024 Dapil II Kecamatan Kuta Alam, Gampong Kuta Alam, Jumat (1/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Rosni Julita salah seorang warga Kuta Alam menyampaikan perihal yang harus mendapat perhatian dari Pemerintah Kota yakni terkait kesejahteraan guru PAUD, baik dari segi kuantitas maupun kualitas sumber daya manusia (SDM).

Dia mengatakan, saat ini masalah PAUD yang berada di Kuta Alam bukan masalah infrastruktur saja, akan tetapi juga kuantitasnya yang masih minim. Oleh karenanya menurut dia, PAUD di Kuta Alam perlu dukungan penuh pemerintah dalam memenuhi SDM guru bagi anak generasi usia dini.

“Melalui Pak Ketua DPRK sebagai wakil kami di legislatif, kita sangat membutuhkan guru-guru yang bisa memimpin dan menjalankan PAUD baik segi operasional maupun manajemennya,” kata Rosni Julita yang juga Kepala Sekolah PAUD Bungoeng Sitangke.

Kemudian, untuk meningkatkan kapasitas guru, kata dia juga perlu diadakan pelatihan untuk mengupgrade kemampuan para guru di PAUD.

“Kami juga meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru, tujuannya agar PAUD memiliki pendidik yang siap menjalankan tugas secara profesional,” kata Rosni.

Menanggapi aspirasi tersebut, Ketua DPRK Banda Aceh menyampaikan, pihaknya selama ini sangat fokus dan aktif telah mendorong peningkatan kualitas para pendidik anak usia dini. Menurutnya, suatu aksioma bahwa anak didik yang berkualitas lahir dari para guru yang memiliki kapasitas mumpuni.

“Kami akan meminta pemko melalui Disdikbud akan benar-benar fokus yang menyiapkan SDM guru PAUD. Terlebih saat ini sedang digulirkan program transisi PAUD-SD, sehingga dukungan dari seluruh stakeholder sangat dibutuhkan,” kata Ketua DPD PKS Banda Aceh ini.[]

Komentar