Ketua DPRK Banda Aceh Dukung Sinergitas dan Kolaborasi dalam Pemberantasan Narkoba

Aceh53 Dilihat

Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar menerima kunjungan silaturrahmi Ketua Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banda Aceh, Kombes Pol Dr. Beridiansyah, SH, SS, MH dan jajarannya di ruang kerja Ketua DPRK, Jumat (1/12/2023).

Audiensi tersebut turut dihadiri Wakil Ketua I DPRK, Usman, Wakil Ketua II DPRK, Isnaini Husda.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar mendukung penuh program dan kerja-kerja BNN dalam memberantas peredaran narkoba dan penyalahgunaan narkoba di kota Banda Aceh.

Dia mengatakan, DPRK Banda Aceh melalui Komisi I DPRK juga sudah mengesahkan qanun Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Prekursor Narkotika (Qanun P4GN). Hal tersebut merupakan upaya pihaknya untuk menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Qanun ini inisiasi DPRK sendiri, yang telah disampaikan oleh masyarakat melalui masalah-masalah yang terjadi di lapangan,” katanya,

Farid mengatakan, di Banda Aceh juga telah dibentuk gampong bersih dari narkoba (Bersinar) sebagai upaya dari masyarakat yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menjauhkan generasi dari narkoba.

“Teman-teman DPRK juga aktif menyosialisasi dan terjun ke tengah masyarakat, kemudian menggelar rapat dengar pendapat umum terkait masalah narkoba ini,” ujarnya.

Oleh karenanya Farid juga berharap, agar pemberantasan narkoba semakin efektif maka harus melibatkan lintas sektor. Seperti pelibatan dinas pemuda dan olahraga (Dispora), dinas kesehatan, dinas Syariat Islam, tokoh masyarakat, dan tokoh agama seperti dai-daiyah perkotaan, serta para muhtasib gampong.

Mengingat masyarakat Aceh itu sangat religius. Suara ulama ini kata Farid, juga di dengar oleh masyarakat, melalui ceramah, pengajian dan khutbah Jum’at. Selain itu bisa mengajak para milenial untuk mengkampanyekan anti narkoba ini lewat konten-konten kreatif di media sosial.

“Jika semua sektor bergerak dan bersinergi serta berkolaborasi, maka diharapkan angka peredaran narkoba dapat ditekan dan masyarakat tersadarkan akan bahayanya narkoba yang mengancam generasi Aceh,” kata Ketua DPD PKS Banda Aceh ini.

Sementara itu, Ketua BNNK Banda Aceh, Kombes Pol Beridiansyah juga menyatakan, pihaknya ingin menjali kerja sama dalam bentuk dukungan dengan Pemerintah Kota dan DPRK Banda Aceh melaksanakan tugas serta program dalam pengentasan narkoba di ibu kota Provinsi Aceh ini.

“Kami mengharapkan dukungan penuh dari pimpinan dan anggota DPRK, kemudian siap bersinergi dengan pemerintah kota serta perlu berkolaborasi dengan lintas sektoral agar pencegahan dan pemberantasan narkoba lebih efektif,” ujar Beridiansyah.[]

Komentar