Ketua DPRK Semangati Peserta Outbond Guru PUAD se-Kuta Alam

Aceh27 Dilihat

Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar menyemangati sekaligus membuka kegiatan Outbond Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bahagia Kulam se-kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Minggu (19/11/2023.

Kegiatan yang menghadirkan Trainer Heart Communication Institute (HCI) , Wahyu Rezeki, M.I.Kom dan tim ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, kesolidan, sinergitas, dan kekompakan serta menciptakan kemampuan leadership dan kreativitas peserta.

Dalam sambutannya Ketua DPRK, Farid Nyak Umar menyampaikan guru PAUD berperan penting dalam membentuk dan mempersiapkan anak-anak di usia dini untuk jenjang pendidikan lanjutan (TK). Diharapkan para guru memiliki kompetensi, kemampuan dan keahlian dalam mendidik anak-anak pada masa usia emasnya (golden age).

“Menjadi guru PAUD tidak hanya sekadar mengajar tapi juga mengasuh, merawat dan menjaga anak didik dengan beragam tantangan dan kesulitannya, karena itu dibutuhkan kesabaran dari para guru dalam mendidik,” kata Farid.

Menurut Farid Nyak Umar, kegiatan outbound dapat menjadi ajang refresing sekaligus untuk mengurangi kepenatan, rasa bosan dan ketegangan selama bertugas di sekolah.

Hal lain tentu sebagai sarana rekreasi, latihan fisik dan olah raga. Outbond juga bisa memupuk rasa persaudaraan, penguatan silaturrahmi, kekompakan dan kerja sama, komunikasi yang efektif dan saling memahami satu sama lainnya. 

Farid mengajak seluruh peserta untuk benar-benar merasakan setiap momen kegiatan ini. Saling mendukung, berbagi pengalaman, dan membangun jaringan yang kuat adalah kunci keberhasilan outbound guru paud.

“Jalinlah kebersamaan dan raihlah manfaat maksimal. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik untuk masa depan generasi kita,” tutur Farid yang juga Ketua DPD PKS Kota Banda Aceh.

Sementara Bunda PAUD Kecamatan Kuta Alam, Tri Suci Apriyenny, A.Md menyampaikan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 120 orang, yang merupakan perwakilan Bunda PAUD Gampong, kepala sekolah dan para Guru PAUD se Kecamatan Kuta Alam.

Menurut Tri Suci Apriyenny, kegiatan outbond untuk meningkatkan kapasitas para kepala sekolah dan guru PAUD dalam mendidik anak-anak untuk bertindak maupun berpendapat, membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi.

Bunda PAUD Kuta Alam ini berharap para guru lebih siap dalam menjalankan program transisi PAUD-SD yang menyenangkan yang menitikberatkan pada 6 aspek tumbuh kembang anak, diantaranya perkembangan nilai agama dan moral, perkembangan fisik-motorik, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, dan perkembangan sosial emosional, serta perkembangan seni.

“Harapannya outbond ini akan membuat kekompakan antara bunda paud gampong dengan lembaga paud dalam wilayah gampongnya semakin baik, sehingga akan terbentuk anak didik yang berkualitas,” pungkas Yenny.

Kegiatan tersebur turut juga dihadiri Camat Kuta Alam, Arie Januar, Ketua Asokulam, Alta Zaini, Ketua HIMPAUDI Kuta Alam, Irma dan para undangan lainnya.[]

Komentar