UPTD Puskesmas Jeulingke Laksanakan Survei Re Akreditasi FKTP

Banda Aceh – Dalam upaya menjaga dan meningkatkan mutu layanan kesehatan tingkat pertama, UPTD Puskesmas Jeulingke laksanakan kegiatan Survei Re Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Kamis (09/11/2023).

Akreditasi puskesmas merupakan suatu pengakuan yang diberikan atas hasil penilaian eksternal oleh lembaga independen yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan terhadap puskesmas.

Penilaian dilakukan untuk memastikan Puskesmas memenuhi standar pelayanan kesehatan tingkat pertama yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banda Aceh Lukman SKM. M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan akreditasi puskesmas merupakan tolok ukur bagi Puskesmas Jeulingke dalam menilai kualitas layanan dan upaya perbaikan mutu layanan bagi masyarakat.

Ia juga berharap agar seluruh Puskesmas di Kota Banda Aceh terakreditasi Paripurna, dimana akreditasi Paripurna merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan lembaga independen penyelenggara akreditasi kepada puskesmas. Penilaian berdasarkan fasilitas kesehatan, standar dan mutu pelayanan yang berkesinambungan.

Lukman juga memberikan arahan kepada seluruh pegawai Puskesmas Jeulingke bahwa selama proses survei akreditasi ini, diharapkan dijalankan dengan penuh ketekunan.

Segala hal yang menjadi bahan masukan dari Tim Surveyor harus segera ditindak lanjuti kecuali ada hal yang bukan menjadi kewenangan Puskesmas itu sendiri.

Sementara itu Kepala Puskesmas Jeulingke, Rahmah Kurniasih, SKM menerangkan, Tim Akreditasi yang terlibat adalah dari Ketua Tim Mutu dr. Meutia Salni, Penanggungjawab Kepemimpinan Manajemen Puskesmas (KMP) Dwi Wahyu Lestari, SKM. Penanggungjawab Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dr. Aziza Sri Rezeki dan Penanggungjawab Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Syarifah Maisara, SST.

Kepala Puskesmas Jeulingke menyampaikan capaian program yang sudah dijalankan selama tahun 2021 sampai dengan semester pertama tahun 2023 serta upaya perbaikan mutu, keselamatan pasien dan beberapa dokumentasi kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat lainnya.

“Upaya perbaikan mutu yang sudah dilaksanakan diharapkan mampu menjadikan Puskesmas Jeulingke sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang selalu meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan Survey Re Akreditasi Puskesmas Jeulingke tahun 2023 dilaksanakan selama tiga hari ke depan, dimulai dari tanggal 9 sampai dengan 11 November 2023.

Tim Surveyor terdiri dari Agustalani, SKM selaku Ketua tim dan drg. Indira Apriantika, M.Kes, Sp. Perio sebagai anggota dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPA-PKP).

Pada sesi pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Banda Aceh, Camat Syiah Kuala, Ketua TP PKK Kecamatan Syiah Kuala, Keuchik dan Lintas Sektor Wilayah Kerja Puskesmas Jeulingke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *