Dayah Terpadu Inshafuddin, Tuan Rumah Upacara HSN Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023

Banda Aceh – Dayah Terpadu Inshafuddin menjadi lokasi peringatan upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023 yang digelar oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada Selasa (24/10/2023)

Upacara HSN kali ini juga dihadiri oleh 500 santri dari Dayah Inshafuddin, Dayah Madinatul Fata, Dayah Babun Najah, Dayah Mini Aceh, Dayah Darul ‘Ulum, dan Dayah MUQ Pagar Air serta para tamu undangan dari unsur Forkopimda Aceh dan seluruh Kepala SKPA, Ketua HUDA, Kadisdik Dayah Banda Aceh dan Aceh Besar dan sejumlah ulama dari Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dalam pidatonya Plt Kadisdik Dayah Aceh, Musmulyadi, S.Pd.I, MM menyampaikan secara nasional, tema HSN kali ini adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri” yang bermakna bahwa santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan. Jihad Santri, Jayakan Negeri mengandung makna yang dalam yang relevan dengan zaman sekarang.

“Zaman sekarang adalah zaman yang penuh tantangan dan kompleksnya permasalahan. Jihad hari ini tidak lagi kita artikan sebagai pertempuran fisik dengan mengangkat senjata, namun pada perjuangan intelektual yang penuh semangat dalam membantu umat menyelesaikan problematika kehidupan,” ungkap Musmulyadi.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo, melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015 sudah menetapkan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober. Penetapan tanggal itu merujuk pada tercetusnya ‘Resolusi Jihad’ yang berisi fatwa ulama tentang kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 November 1945 yang kini diperingati sebagai hari Pahlawan. Untuk itu, pada momentum peringatan Hari Santri Nasional Aceh tahun ini, kami meminta kepada santri untuk menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika,” pungkasnya.

Sementara Pimpinan Dayah Terpadu Inshafuddin Tgk. H. Drs. Daud Hasbi, M,Ag yang juga salah seorang ulama kharismatik Aceh memberikan apresiasi atas dipilihnya DTI sebagai tuan rumah pelaksanaan HSN ke-9 tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023.

“Sejatinya pelaksanaan HSN dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2023, berhubung permintaan Pj Gubernur Aceh maka diundur hari Selasa, 24 Oktober 2023,” ungkap Abi Daud Hasbi yang juga saat ini sebagai Ketua PB Dayah Terpadu Inshafuddin sebagai wadah berhimpun ulama salafiyah (tradisional) Aceh.

Kegiatan HSN ini juga dirangkai dengan berbagai atraksi tarian kolosal dan rapai geleng dari Sanggar seni Alfunun Dayah Terpadu Inshafuddin. Atraksi tarian kolosal menggambarkan semangat jihad santri di era milenial.(Hus/Hz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *