Disdik Dayah Hadiri Upacara Hari Santri Tahun 2023

Aceh42 Dilihat

Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh (Disdik Dayah) yang diwakili Kabid SDM dan Manajemen Muhammad Syarif, S.HI, M.H menghadiri Pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 Tingkat Kota Banda Aceh berlangsung di Pesantren Modern Babun Najah, Gampong Ulee Karemg, Senin (23/10/2023).

Turut hadir juga pada upacara tersebut Kepala Kemenag Banda Aceh yang bertindak sebagai pembina upacara beserta jajaran, Kapolsek Ulee Kareng serta tamu undangan lainnya.

Peringatan Upacara HSN yang jatuh pada 22 Oktober ini sudah berlangsung sejak tahun 2015, Pasca lahirnya Kepres Nomor 22 Tahun 2015. Kegiatan ini berlangsung baik di level Kab/Kota, Provinsi maupun Nasional.

Kepala Kemenag Kota Banda Aceh H. Abrar Zym, S.Ag M.H, dalam sambutannya saat membacakan teks pidato tertulis dari Kementerian Agama Republik Indonesia, yang mengusung tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri” menyampaikan bahwa HSN mengingatkan akan peran besar para santri, kiyai serta ulama dalam mempertahankan Kemerdekaan RI darj serangan penjajah.

“Cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Karenanya, peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 patut menjadi bahan renungan untuk mengajak kita meneladani semangat para santri terdahulu yang telah berjuang sepenuh hati,” ungkapnya dihadapan seluruh santri, dewan guru dan para tamu undangan.

Menurutnya, keberadaan santri termasuk intelektual muslim masih sangat dibutuhkan untuk memajukan bangsa Indonesia. Santri menjadi pelopor kemajuan bangsa, sntri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan persatuan.

“Santri harus senantiasa melahirkan inovasi baru dalam berbagai bidang. Apalagi bangsa Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan global, karna itu santri harus mengambil peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat,”.

“Kini santri di nusantara sudah diperhitungkan dalam pusaran elit nasional. Berbagai alumni santri kini berkiprah dijabatan strategis negara, ada yang jadi menteri, anggota TNI/Polri. Wakil Presiden bahkan calon Wakil Presiden 2024 berasal dari alumni santri,” ungkapnya.Diakhir pidatonya Abrar Zym mengajak dan memotivasi seluruh peserta untuk mengucapkan jargon HSN “Hari Santri 2023, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,”.(Hus/Hz)

Komentar