PT Bank Aceh Syariah Serahkan Zakat Rp 280 juta untuk Baitul Mal Kota Banda Aceh

Aceh37 Views

BANDA ACEH – PT Bank Aceh Syariah kembali menyerahkan zakat pengurus, dewas,  karyawan serta karyawati sebesar Rp 280.000.000 untuk Baitul Mal Kota Banda Aceh, Kamis (28/3/2024).

Direktur Utama PT Bank Aceh Syariah, Muhamad Syah mengatakan pihaknya kembali dapat bersilaturahmi dengan Baitul Mal Porvinsi dan Kota Banda Aceh. Agenda ini merupakan agenda tahunan rutin dalam rangka menyerahkan zakat penghasilan untuk Baitul Mal Provinsi Aceh dan Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah Zakat yang kita serahkan  untuk Baitul Mal Aceh sebesar Rp 700 juta, sementara untuk Baitul Mal Kota Banda Aceh sebesar Rp 280 juta. Zakat ini merupakan zakat penghasilan karyawan/karyawati Bank Aceh sekaligus pengurus dan dewas. Kita harapkan dengan adanya zakat ini bisa mengurangi beban hidup masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri,” sebut Muhammad Syah.

Muhamad Syah juga mengharapkan, kolaborasi kerjasama Bank Aceh antar Baitul Mal Provinsi maupun Kota Banda Aceh bisa ditingkatkan lagi. Apalagi tambahnya, tahun ini Bank Aceh telah dipercayakan pemerintah provinsi sebagai bank penerima wakaf.

“Dulu hanya PT Hikmah Wakilah sekarang sudah ada Bank Aceh Syariah, kita harapkan melalui Baitul Mal bisa dilakukan sosialisasi dan syiar bahwa Bank Aceh sudah bisa melakukan wakaf dan Bank Aceh  sudah melakukan sosialisasi dengan nazir. Disamping itu, kita juga berupaya untuk melakukan sosialisasi zakat juga,” papar Muhamad Syah.

Tahun ini tambahnya, Bank Aceh akan mengeluarkan zakat sebesar perusahaan sebesar Rp 14 miliar dan  ini nantinya akan dibagi rata untuk Baitul Mal Kabupaten/kota di Provinsi Aceh. “Tahun ini kami berkomitmen  mengalokasi zakat perusahaan sebesar Rp 14 miliar,” pungkasnya.

Hadir Ketua Badan Baitul Mal Provinsi Aceh Mohd Haikal, Komisioner Khairina dan Divisi Pengumpulan Arif. Hadir juga  Ketua Dewas BMK Banda Aceh Anwar, Ketua Badan, Suria Darma S.Pd.I dan Komisioner dra Hj Aisyah M Ali MPd serta staf.

Sementara, Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Suria Darma berterimakasih atas dukungan Bank Aceh baik finansial dan insfrastrukturnya sendiri.

“Alhamdulillah Baitul Mal Kota Banda Aceh saat ini sedang menyalurkan program santunan ramadhan untuk keluarga fakir dan miskin di Banda Aceh, tahun ini ada 3800 mustahik yang akan kita salurkan bantuan dan untuk tahun ini akan disalurkan melalui non tunai itulah mengapa saat ini peningkatan pembukaan rekening Bank Aceh di beberapa capem Banda Aceh dan lagi Bank Aceh sangat berperan penting untuk hal ini.  Tahun ini kami berikan dengan cara transfer ke rekening masing-masing. Kami akan terus meningkatkan elektronikal transaksi pada setiap penyaluran di tahun berjalan ini,” ucap Suria Darma.

“Harapan saya juga, kepada Bank Aceh Syariah agar menambahkan fitur berzakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh di setiap platfrom Bank Aceh,” sambung Suria Darma.

Pada kesempatan itu juga, Suria Darma menambahkan, Alhamdulillah untuk tahun ini Baitul Mal Kota Banda Aceh mendapatkan Baznas Award untuk Kepala Daerah Pendukung Zakat Terbaik tingkat Nasional. “Sekali lagi saya mengatakan prestasi ini bukan hanya prestasi Baitul Mal Kota melainkan prestasi kita bersama,” demikian Suria.(MR)

Comment