Sahuti Aspirasi Warga, Ketua DPRK Serahkan Ambulans untuk Masyarakat Gampong Laksana

Aceh39 Dilihat

Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar merealisasikan aspirasi masyarakat dengan menyerahkan satu unit mobil ambulans untuk masyarakat Gampong Laksana, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Minggu (21/01/2024).

Penyerahan yang berlangsung di pekarangan Masjid Al Huda itu diterima langsung Keuchik Gampong Laksana Zaiyan Muttaqin yang turut disaksikan Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Al-Huda, Tgk. Yuslimar beserta perangkat gampong, tokoh masyarakat dan warga Gampong Laksana.

Setelah dilaksanakan serah terima, kemudian Imum Chik Gampong Laksana, Tgk. Razali Gade melakukan prosesi adat yaitu peusijuek (tepung tawar) ambulans yang disaksikan oleh Tuha Peut Gampong (TPG), Ketua Pembangunan Masjid, para kadus, tokoh pemuda, ibu-ibu majelis taklim, kader posyandu, dan tokoh masyarakat lainnya.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar pada kesempatan itu menyampaikan rasa syukurnya karena dapat bertemu warga secara langsung dan menyerahkan ambulan dari Pemko Banda Aceh tersebut kepada masyarakat Gampong Laksana melalui Keuchik Zaiyan Muttaqin yang turut disaksikan oleh masyarakat.

Menurut Ketua DPD PKS Kota Banda Aceh itu ambulans tersebut merupakan hasil advokasi yang dilakukannya pada Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh setelah menindaklanjuti aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses anggota DPRK Banda Aceh pada tahun 2022 di Gampong Laksana terkait kebutuhan ambulan untuk pelayanan jenazah, layanan kesehatan dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

“Aspirasi warga tersebut selanjutnya disampaikan oleh perwakilan Anggota DPRK setiap Dapil dalam Rapat Paripurna DPRK yang dihadiri langsung oleh Pj Walikota dan pimpinan OPD. Alhamdulillah setelah melewati proses yang panjang akhirnya dialokasikan penganggaran pada Dinas Kesehatan kota, dan pada hari ini kita serahkan,” kata Farid.

Farid Nyak Umar berharap ambulans yang diberikan pemerintah itu bisa memberikan kemaslahatan sehingga akan meningkatkan pelayanan di sektor kesehatan serta bermanfaat untuk sosial kemasyarakatan di Gampong Laksana nantinya.

Tahun 2024 Advokasi Ambulans untuk Gampong Kuta Alam dan Gampong Mulia

Pada tahun 2021, Farid Nyak Umar melakukan advokasi ambulans untuk Gampong Kota Baru dan Gampong Keuramat yang direalisasikan dan telah diserahterimakan pada tahun anggaran 2022 melalui Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.

Sementara pada tahun 2022 dirinya kembali melakukan advokasi ambulans untuk tiga gampong di Kecamatan Kuta Alam yang direalisasikan pada tahun anggaran 2023 yaitu untuk Gampong Lampulo, Gampong Lamdingin dan Gampong Laksana.

Dan di tahun 2023, Farid juga mengadvokasi untuk dua gampong lagi yaitu Gampong Kuta Alam dan Gampong Mulia yang realisasinya akan dilakukan oleh Dinkes kota pada tahun 2024 ini.

“Insya Allah pada tahun 2024 ini kami juga melakukan advokasi dua ambulans ntuk Gampong Kuta Alam dan Gampong Mulia. Alhamdulillah dalam tiga tahun sejak 2022-2024, akan ada tujuh ambulans yang kita advokasi untuk Kecamatan Kuta Alam,” kata Farid Nyak Umar di hadapan masyarakat yang hadir.

Keuchik Gampong Laksana Zaiyan Muttaqin dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPRK Banda Aceh yang telah memperjuangkan dan menyerahkan ambulan tersebut untuk dipergunakan oleh masyarakat Gampong Laksana.

“Insya Allah sangat bermamfaat bagi masyarakat Gampong Laksana, dengan adanya ambulans ini maka pelaksanaan fardhu kifayah akan lebih cepat, seperti kemarin ada warga yang meninggal dan dibawa ke TPU di Cot Gue, Aceh Besar,” kata Zaiyan Muttaqin dalam sambutannya.[]

Komentar