Tutup Tahun 2023, IPM Banda Aceh Kembali Naik

Aceh88 Dilihat

Banda Aceh- Menutup tahun 2023, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Banda Aceh kembali mengalami kenaikan 2,04 poin dibandingkan tahun 2022.

Tahun ini, berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, IPM Banda Aceh berada di poin 88,32 artinya tumbuh 2,04 poin dibandingkan tahun sebelumnya 86,28.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh, Ir. Jalaluddin, ST,MT, Jumat (15/12/2023).

Jalal mengatakan dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia Kota Banda Aceh berarti terjadi peningkatan capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup, mencakup umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan layak.

Kata Jalal, kenaikan IPM pada tahun ini disebabkan karena adanya peningkatan pada tiga indikator yaitu Umur Harapan Hidup (UHH), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) dan Pengeluaran Rill Per Kapita.

“Indikator-indikator seperti indeks kualitas kesehatan, kualitas pendidikan, dan indeks pertumbuhan ekonomi yang menyebabkan IPM mengalami kenaikan,” kata Jalal.

Jalal menambahkan capaian ini didapatkan tentunya atas kerja keras dari semua pihak yang terkait seperti jajaran pemerintah Kota Banda Aceh, dukungan masyarakat dan elemen kota lainnya.

“Oleh karena itu kedepannya perlu terus kerja keras dan kerja cerdas untuk membuat Banda Aceh menjadi lebih baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.(Rid/Hz)

Komentar