Gampong Lamlagang Gelar Kelas Pengasuhan BKB bersama BKKBN RI

Aceh49 Dilihat

Banda Aceh – Gampong Lamlagang menggelar kelas pengasuhan Bina Keluarga Balita (BKB) bersama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia di Aula PKK Gampong Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, Selasa (14/11/2023).

Direktur Bina Keluarga balita dan anak BKKBN RI, dr. Irma menyebutkan Bina Keluarga Balita merupakan layanan di bawah koordinasi Direktorat Bina Keluarga Balita BKKBN yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecederaan, sosial, emosional dan moral.

Adapun Sasaran BKB secara langsung adalah orang tua yang memiliki balita dan secara tidak langsung juga anggota keluarga yang lain seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya seperti organisasi profesi serta LSM.

Kepala BKKBN Aceh Vina Salim mengatakan, berkaitan dengan program percepatan penurunan stunting, layanan BKB sangat strategis karena materi penyuluhan kepada orang tua meliputi semua materi pengasuhan tumbuh kembang sesuai dengan kelompok usia anak, menggunakan media interaksi sebagai sarana penyuluhan serta melakukan rujukan bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.

Pentingnya layanan BKB bagi masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting perlu disertai dengan peningkatan yang berkelanjutan sehingga perubahan baik dapat benar-benar terjadi di keluarga. Para kader dan penyuluh KB dan petugas lapangan keluarga berencana membutuhkan dukungan untuk dapat mendorong terjadinya perubahan perilaku di lingkup keluarga.

Untuk itu, Direktorat Bina Keluarga Balita dan UNICEF saat ini sedang mengembangkan sebuah rancangan komunikasi perubahan perilaku sosial kelas pengasuhan BKB. Sebuah kerangka logis dan instrumen asesmen penyelenggaraan kelas pengasuhan BKB telah tersusun, selanjutnya perlu dilakukan pengambilan data untuk diolah dan dianalisis sebagai dasar dan acuan penyusunan rancangan komunikasi perubahan perilaku sosial kelas pengasuhan BKB.

Selanjutnya, Camat Banda Raya Rahmat Kadafi mengucapkan selamat datang dan terima kasih BKKBN RI ,BKKBN Aceh dan Tim UNICEF yang telah mengunjungi dan memberi kepercayaan kepada Gampong Lamlagang, Kecamatan Banda Raya sebagai lokus assesmen implementasi layanan keluarga balita. “Kami berharap hubungan silaturahmi dan kelas pengasuhan BKB akan terus berlanjut sehingga apa yang kita cita-citakan bersama akan dapat terwujud,” ungkapnya.

“Insya Allah, melalui kegiatan ini kita semua berharap dapat menambah pemahaman para kader BKB dan orang tua terhadap pola asuh yang baik, agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan berkualitas dan terhindar dari kasus stunting,” tambah Camat Kadafi.(TM/Hz)

Komentar