Disdikbud Gelar Bimtek Perencanaan Berbasis Data dan Penyusunan Aplikasi RKAS

Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh menggelar Bimtek Perencanaan Berbasis Data dan Penyusunan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Adapun Bimtek tersebut dilaksanakan untuk jenjang SMP yang dimulai dari tanggal 06 s/d 07 November 2023 yang bertempat di Hotel Grand Aceh Syariah.

Turut hadir dalam kegiatan Bimtek Perencanaan Berbasis Data dan Penyusunan Aplikasi RKAS itu, Kabid Pembinaan SMP, Kabid GTK, koordinator pengawas sekolah, dan 80 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, bendahara serta pengawas SMP di Kota Banda Aceh.

Kepala Disdikbud Banda Aceh Sulaiman Bakri mengatakan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan dana BOS pada satuan pendidikan memastikan semua RKAS telah disusun sesuai dengan tahapan perencanaan berdasarkan hasil evaluasi diri satuan pendidikan dan identifikasi kebutuhan.

“Kemudian dituangkan dalam RKAS berdasarkan pada prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi serta memastikan semua RKAS satuan pendidikan telah diinput dalam sistem aplikasi rencana kegiatan dan anggaran yang disediakan oleh Kemdikbud Ristekdikti,” tuturnya.

“Tujuannya adalah memberikan pemahaman dan pendampingan agar pembuatan RKAS pada setiap satuan pendidikan dapat berjalan lancar dan tanpa kendala serta sesuai dengan juknis dan juklak serta prosedur operasional yang telah ditetapkan pemerintah,” tambah Sulaiman.(TM/Hz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *