Camat Kadafi Serahkan Sapi Kepada KPM Lhong Cut

Banda Aceh – Dalam rangka program ketahanan pangan hewani, Camat Banda Raya Rahmat Kadafi menyerahkan hewan enam ekor sapi kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Gampong Lhong Cut, Kamis (02/11/2023).

Adapun dalam kegiatan program ketahanan pangan tersebut turut dihadiri oleh Keuchik Lhong Cut, Kapolsek Banda Raya dan anggotanya, Babinsa, TPG, perangkat gampong dan pendamping desa.

Camat Kadafi menyebutkan penyerahan sapi tersebut sebagai tindak lanjut dari program pemerintah terkait program ketahanan pangan hewani dan nabati sebesar 20% dari pagu dana desa Tahun Anggaran 2023.

Dalam hal ini, Kadafi mengatakan target secara umum tujuan pembelian hewan sapi ini adalah untuk penggemukan dan juga agar KPM kedepan bisa mandiri menyediakan daging sapi yang ada.

“Insya Allah program ini dapat berlanjut dan meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, aman dan bermutu serta berbasis pada sumber daya lokal,” ungkapnya.

Selain itu, sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintahan kecamatan dan gampong dalam program penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan daging, pengembangan potensi ekonomi lokal serta pemanfaatan SDA dan lingkungan.

Ini juga sejalan dengan amanat Permentan Nomor 46/Permentan/PK.210/8 /2015, disebutkan bahwa tujuan program penggemukan sapi yakni untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan mutu dan keamanan hasil budi daya.

“Kemudian, meningkatkan ketersediaan bahan pangan asal hewan, mewujudkan budidaya sapi potong yang sehat dan ramah lingkungan, meningkatkan daya saing dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” pungkasnya.(TM/Hz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *