Pj Wali Kota Amiruddin Terima Kunjungan Kerja Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin menerima kunjungan kerja Direktorat Diseminasi, Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Pendopo Wali Kota, Kamis (26/10/2023).

Pada kunjungan tersebut, Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Oetami Dewi beserta tim disambut Pj Wali Kota Amiruddin yang didampingi Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Faisal dan Sekretaris Bappeda Rahmatsyah Alam.

Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Oetami Dewi menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan yang dilakukan adalah terkait dengan pendampingan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Banda Aceh.

“Kita terus mendorong daerah-daerah baik provinsi, kabupaten/kota di Indonesia untuk segera melakukan pembentukan BRIDA. Kota Banda Aceh sendiri menjadi kota kedua setelah Kabupaten Aceh Jaya dari 15 kabupaten/kota lainnya di Aceh yang telah mengusulkan pembentukan BRIDA,” jelas Oetami Dewi.

Ia pun sangat berharap dengan terbentuknya BRIDA, Kota Banda Aceh dapat menjadi icon terdepan untuk Aceh dan wilayah lainnya agar nanti kedepannya ekosistem riset dan inovasi dapat tumbuh dan berkembang.

Sementara itu Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pembentukan BRIDA dianggap penting bagi Kota Banda Aceh karena terkait dengan perencanaan-perencanan pembangunan daerah kedepan yang harus diawali dari kajian, penelitian, data yang kuat dan inovasi agar lebih terarah dan tepat sasaran sesuai dengan kondisi daerah.

“Saat ini Banda Aceh sudah mulai melakukan proses pembentukannya namun masih bersatu dengan Bappeda yaitu Bapperida. Ini masih tahap awal, setelah mendapatkan banyak arahan dan masukan dari BRIN pada pertemuan ini, kedepannya kita akan kembangkan menjadi BRIDA, mudah-mudahan dapat segera terwujud. Dan ini sudah sampai pembahasan di DPR terkait struktur organisasi,” tambah Amiruddin.(Zie/Hz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *