Kompany Ungkap Alasan Keberhasilan Arteta Angkat Performa Arsenal pada Musim Ini

Olahraga40 Dilihat

¬†MANCHESTER — Mantan bek tengah Manchester City Vincent Kompany mengaku tidak terkejut dengan kemampuan Mikel Arteta untuk bisa mengangkat performa Arsenal pada musim ini. Arteta, ujar Kompany, memiliki kegigihan dan kesabaran dalam menerapkan ide-idenya dalam sepak bola.


Pernah memperkuat City pada kurun waktu 2008 hingga 2019, Kompany pernah berkerja sama dengan Arteta. Saat itu, Arteta menjadi salah satu asisten pelatih Pep Guardiola di tim utama the Citizens. Arteta, yang bergabung bersama Pep Guardiola pada 2016, akhirnya meninggalkan City dan menerima tawaran untuk menjadi pelatih tim utama Arsenal pada 2019.


Kompany mengungkapkan, saat masih menjadi asisten Guardiola, Arteta menjadi salah satu staf pelatih yang cukup dekat dengan para penggawa The Citizens. Mantan kapten dan gelandang the Gunners itu pun dinilai sebagai asisten yang paling memahami keinginan Guardiola.


Kompany, yang saat ini menukangi Burnley, menilai sebagai pemain yang melanjutkan kiprah menjadi pelatih, Arteta telah menjalani proses transisi dengan sangat baik. ”Dia lapar akan kemenangan, aktif, dan penuh dengan energi. Danm tentu saja, dia berada dalam lingkungan yang tepat untuk bisa mengembangkan dan menumbuhkan idenya,” kata Kompany seperti dilansir Irish Examiner, Selasa (14/2/2023).


Meski sempat diragukan saat gagal membawa Arsenal finis di empat besar musim lalu, Arteta terbukti mampu membawa Arsenal tampil impresif pada musim ini. The Gunners hanya menelan dua kekalahan dari 21 laga di pentas Liga Primer Inggris. Dengan koleksi 51 poin dari 21 laga, Arsenal pun memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan keunggulan tiga poin.


”Saya tidak terkejut dengan apa yang dia tunjukkan bersama Arsenal pada musim ini. Tentu saja, dia akan terus menorehkan kesuksesan bersama Arsenal, tidak diragukan itu. Dia memiliki energi, terutama kegigihan untuk bisa bangkit setelah periode buruk, mengambil kesimpulan yang tepat, dan meningkatkan peforma tim. Saya rasa, inilah alasan kenapa dia melakukan pekerjaan bagus di Arsenal,” ujar pelatih asal Belgia tersebut.


Arteta akan kembali berhadapan dengan mantan bosnya, Guardiola, tepatnya saat memimpin Arsenal menjamu Manchester City pada laga tunda Liga Primer Inggris, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB. Pada dua pertemuan sebelumnya di Liga Primer Inggris, Arsenal menelan kekalahan 0-5 dan 1-2.


 

Sumber: Republika

Komentar